Docker pull

Memulai Docker dengan Container

Memulai latihan docker dengan pull image dari registry pada docker hub dan kemudian membuat sebuah container

Sebelumnya pada artikel mengenal arsitektur docker kita telah mengenal konsep dasar dari docker, pada artikel kali ini kita akan mempraktekan bagaimana pull image dan kemudian membuat sebuah container dengan menggunakan mongoDB sebagai studi kasus.


Pull Image dari Registry

oke… langkah pertama kita akan mengambil Image yang dibutuhkan, dalam kasus kali ini kita akan menggunakan mongoDB kunjungi laman hub.docker.com kemudian cari image mongo, kemudian kalian ketik perintah untuk pull image di dalam terminal/cmd kalian.

docker pull mongo:latest

perlu diperhatikan pada bagian mongo:latest pada kata latest merupakan tag dari image, jadi apabila misal kalian ingin pull image dengan tag mongo:windowsservercore-ltsc2016 maka ganti latest tersebut dengan tag yang ingin kalian pull. Kemudian untuk mengecek apakah image sudah berhasil di pull gunakan perintah

docker image ls
docker image ls

Membuat Container

Setelah berhasil pull image selanjutnya adalah membuat container dengan mengetikkan perintah dibawah ini

docker container create --name mongo-db mongo:latest

setelah itu check apakah container berhasil dibuat dengan perintah

docker container ls

kemudian apa hasilnya? kosong bukan? … itu karena container yang kita buat tidak sedang berjalan, nah untuk melihat semua container tambahkan argumen -a , argumen tersebut akan menampilkan seluruh container baik yang sedang berjalan maupun tidak.

Menjalankan Container

untuk menjalankan container gunakan perintah

docker container start mongo-db

lalu check dengan perintah docker container ls

container berjalan

nah pada saat kita check containernya maka akan terlihat port yang container gunakan, kemudian kita bisa mengakses mongo-db dengan aplikasi yang biasa kalian gunakan untuk mengakses database, disini saya menggunakan Navicat.

Kemudian Test Koneksi dan lihat hasilnya…

Error bukan…? , hal ini di karenakan sifat dari container yang isolated sehingga port tersebut hanya bisa di akses dari internal container itu sendiri, jadi yang harus kalian lakukan adalah mengekspose port tersebut dengan cara berikut ini.

Hapus container yang telah kita buat tadi, kita ulangi

docker container stop mongo-db

docker container rm mongo-db

kemudian kita buat container lagi dengan menambahkan beberapa argumen

docker container create --name mongo-db -p 27017:27017 mongo:latest

pada perintah membuat container yang baru saja kalian ketikkan ada argumen -p kemudian diikuti dengan nomor port pada bagian pertama yaitu port localhost kalian dan yang kedua port mongo-db nya, sebenarnya port localhost bisa berbeda namun saya samakan agar tidak membuat bingung.

Selanjutnya kalian coba deh menggunakan Database Software kalian, kali ini pasti bisa. Untuk lebih lengkapnya tentang container kalian bisa kunjungi dokumentasi dari docker tentang container disini

Sekian tutorial singkat ini.. samapi jumpa di tutorial berikutnya…

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply